Filled Under:

NEWTON, PEMBUNUH YANG MENJADI BERKAT UNTUK DUNIA

 John Newton (Abad 16) (24 July 1725 - 21 Desember 1807)

“Amazing Grace” ya… Ajaib benar anugerah…. adalah sebuah Lagu Rohani yang diciptakan oleh seorang yang ajaib, namanya John Newton. Kapten Kapal laut Perkasa. Mungkin tidak banyak yang tahu siapa sebenarnya John Newton. Ternyata lagu rohani yang begitu luar biasa dan dikenal di seantero dunia ini merupakan hasil karya dari seorang penjual budak, pembantai dan pembunuh. Baginya menjual budak adalah pekerjaan yang harus dijalani untuk memenuhi kebutuhan hidupnya. Orang Afrika menjadi sasaran John untuk dijadikan budak di Inggris, ketika John bersama awak kapal lain menyerang manusia dalam satu wilayah untuk diangkut ke kapal dan ada yang melakukan perlawanan, maka saat itu pedang John Newton berbicara.
Mungkin kita bertanya apa sih yang menyebabkan John bertobat dan kembali kepada jalan yang benar sehingga dapat menciptakan mahakarya besar yang bukan hanya sekedar lagu belaka tetapi ketika dihayati lagu tersebut dapat membuat seseorang menitikan air mata mengenang apa yang telah dilakukan sebelumnya. Peristiwa yang membuat John sadar yaitu sebuah Badai besar yang hampir saja merenggut nyawanya beserta para awak Kapalnya. Saat itupun John Newton bertobat, dan benar-benar merasakan Kasih Tuhan. Ketika itu, Badai besar yang terjadi di Laut Atlantik itu hampir menenggelamkan kapal John yg bernama “GreyHound”. John merasa bahwa dia seperti Yunus yang menjadi buah dari segala bahaya yang dialami sebuah kapal. John dibesarkan dilingkungan keluarga yang takut akan Tuhan, tetapi dia selalu menertawakan injil, tidak suka berdoa dan yang paling parah dia suka menghujat Tuhan. John dimasa anak-anak sempat membaca Alkitab, makanya saat badai besar menghantam kapalnya John langsung sadar bahwa apa yang dia lakukan selama ini tidak sesuai dengan kehendak Tuhan.

Akhirnya John memohon ampun kepada Tuhan disaat itu juga, “Tuhan, Kasihanilah kami” ungkapnya dalam doanya. John Newton pun berdoa kepada Tuhan : “YA TUHAN, Jika Engkau Benar, Engkau Pasti menepati janjiMu. Sucikanlah hatiku yang kotor ini. Dari peristiwa Badai inilah yang membuat John mengucap syukur kepada Tuhan dan menanamkan benih pertobatan didalam hatinya. Setelah 4 minggu berlalu sejak Badai besar, persediaan makanan menipis, Kapal GreyHound pun memasuki pelabuhan Irlandia dengan keadaan yang hancur berantakan. Saat itu juga John pergi ke gereja dan menerima YESUS sebagai TUHAN.
John Newton adalah “manusia ajaib” yang dipakai Tuhan untuk mewartakan keajaiban kepada seluruh dunia.


1. Amazing grace! How sweet the sound
That saved a wretch like me!
I once was lost, but now am found;
Was blind, but now I see.
2. ‘Twas grace that taught my heart to fear,
And grace my fears relieved;
How precious did that grace appear
The hour I first believed.
3. Through many dangers, toils, and snares
I have already come;
‘Tis grace that brought me safe thus far,
And grace will lead me home.
4. And when this flesh and heart shall fail,
And mortal life shall cease,
I shall possess, within the veil,
A life of joy and peace.
5. When we’ve been there ten thousand years,
Bright shining as the sun,
We’ve no less days to sing God’s praise
Than when we first begun.